Beranda > studi > Kuliah di UniMAP

Kuliah di UniMAP


(Tulisan ini dicross-posting di blog PPI-UniMAP)

Di waktu awal kuliah di sini saya merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan informasi seputar hal-hal kecil yang sebetulnya sangat bermanfaat. Misalnya tentang biaya kuliah, living cost, cara mencapai Kangar, dan lain-lain. Oleh karena itu saya membuat sebuah posting di blog saya untuk berbagi informasi tentang hal-hal kecil ini. Beberapa orang yang akhirnya kuliah di UniMAP berpapasan dengan saya sebelumnya di postingan tersebut.

Hari ini saya mendapatkan pertanyaan baru yang cukup komprehensif. Saya merasa jawabannya akan lebih bermanfaat jika saya jadikan sebagai satu posting tersendiri di blog yang sudah lama hiatus ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi siapapun yang memerlukannya. Jika masih ada pertanyaan jangan ragu untuk segera menyampaikannya kepada kami.

Pertanyaan tersebut saya kutipkan di sini:

Ass Wr Wb,
Mas saya mau nyekolahin/masuk kuliah tahun 2011 ini, anak saya no 3 di UNIMAP ini mau tanya soal kehidupan mahasiswanya dan juga living cost dan biaya kuliahnya .berapa kira2 per year, rencana mau ambil manufacturing engineering ato Material engineering.trus kalo kita dr jkt ke Kualalumpur ato ada langsung flight ke kota terdekat.
trus.ato bisa ngasih no hp biar saya bisaa kom unikasi langsung by Phone.
sekalian tanya kalo kota nya namanya apa , Universitas Perlis itu terletak di kesultanan apa . ato negara bagian mana. krn saya denger katanya dekat perbatasan ke Thailand.
trus Mas kalo kita kesana rencana saya mau Visit dulu di bulan juni 2011 ini Insya Allah dimana kira2 hotel tempat menginap yag bagus bersih dan dekat ke campusnya.

yang jelas kalo dr Kuala lumpur ke sana hrs lewat drat apa by flight lagi.
please infonya Mas.
terima kasih atas informasinya mudah2 an saya dapat kabar secepatnya
saya bisa di hubungi di email ini ato saya bisa yg telpon ke Mas FAthiiii.
maaf sebelumnya Email saya terlalu panjang, karena saya kuatir sekali dan baru pertama kali menyekolahkan anak jauh dari orang tua.
salam
Deddy Soediana.
+233(0)544714292

Pertama saya ucapkan “Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakaatuh”. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi blogsaya yang beberapa bulan ini terabaikan tanpa postingan satu pun.

Tentang UniMAP dan Perlis

Universiti Malaysia Perlis ini terletak di Negeri Perlis. Negeri yang letaknya paling utara (atau lebih tepatnya paling barat-laut) dan paling kecil di Malaysia. Kampusnya saat ini tidak belum terpusat di satu lokasi melainkan tersebar di seluruh negeri. Mulai dari Simpang Empat di bagian selatan hingga Padang Besar di Utara, perbatasan dengan Thailand. Mulai dari Kuala Perlis di pantai barat hingga Ulu Pauh di perbatasan dengan Negeri Kedah di sisi timur. Joke-nya UniMAP ini singkatan dari Universiti Merata Perlis karena ada di seluruh Perlis🙂

Semua kantor yang terkait administrasi terpusat di kota Kangar yang juga ibu kota Negeri Perlis. Di kota yang kecil ini terdapat Canselori (Rektorat), Perpustakaan, kantor pendaftaran, kantor keuangan, dan berbagai kantor administrasi lainnya. Untuk transportasi kita perlu khawatir dengan kota Kangar ini. Di sini nyaris tidak ada sistem transportasi umum selain taksi. Kalaupun ada bus kota, hanya melayani trayek antar kota saja, tidak ada bus yang berputar mengelilingi kota. Tetapi UniMAP punya bus kampus yang akan mengantarkan mahasiswanya dari satu tempat kuliah ke tempat lainnya, dari satu lab ke lab lainnya. Jika ingin lebih mobile sangat disarankan untuk memiliki motor. (note: SIM Indonesia diakui di seluruh Malaysia)

Perkuliahan dan cost

Meskipun tersebar di seluruh Negeri Perlis, tidak semua fasilitas UniMAP perlu didatangi oleh semua mahasiswa. Kebanyakan fasilitas yang lokasinya menyebar adalah pusat-pusat penelitian. Biasanya hanya para pegawai, dosen, peneliti, serta mahasiswa pasca sarjana saja yang berada di sana. Setiap School memiliki basenya sendiri-sendiri. Misalnya School of Material ada di Taman Muhibbah, Arau. School of Mechatronics ada di Ulu Pauh. School of Computer and Communication ada di Kuala Perlis. Asrama memang terletak jauh dari school-school tersebut sehingga memang perlu pakai bus untuk menuju lokasi kuliah.

Untuk biaya perkuliahan, sebaiknya merefer langsung ke situs UniMAP. Informasinya cukup lengkap tersedia di sana. Secara singkatnya di tahun pertama ada kelas IEC atau International English Course. IEC ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan dan biayanya bisa dilihat pada tautan ini. Sedangkan untuk perkuliahan regulernya bisa dilihat pada tautanini. Sangat mungkin terjadi perubahan terhadap data yang ada pada tautan-tautan tersebut. Oleh karena itu jika ingin mengetahuinya lebih detail bisa menghubungi kontak yang disediakan di situs UniMAP. Biasanya pada proses pendaftaran pihak UniMAP akan menginformasikan semuanya, lengkap dengan akomodasi yang ditawarkan.

Untuk living cost, secara umum tidak terlalu jauh berbeda Indonesia terutama wilayah Jakarta atau Bandung. Untuk kelas mahasiswa (kantin mahasiswa), RM 5 sekali makan sudah sangat cukup. RM 20 sehari sudah sangat mewah. Untuk asrama sudah disediakan oleh kampus yang biayanya dibayarkan sekaligus dengan biaya studi. Mencari kontrakan sendiri mungkin saja dilakukan. Tetapi mencari rumah kontrakan di Perlis ini sangat susah karena ekosistem per-kost-an belum terbangun. Mencari rumah kontrakan harus dilakukan dengan mengelilingi kota mencari rumah kosong, menanyakan siapa pemiliknya, dan bertanya kepadanya apakah boleh disewa. Jika hanya kuliah S1 saya sangat menyarankan untuk tinggal di asrama karena dapat bersosialisasi dengan teman-teman mahasiswa lainnya.

Visiting Perlis

Jika ingin visit saja dulu, perjalanan ke Kangar bisa ditempuh melalui darat maupun udara. Kalau dari Kuala Lumpur, dari bandara KLIA/LCCT menuju terminal bus Pudu Raya bisa menggunakan shuttle bus atau kereta LRT. Dari terminal Pudu Raya banyak bus menuju Kangar. Perjalanan darat ditempuh rata-rata 7 jam. Tapi bisa juga mengambil penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Alor Star. Dari Alor Star menuju Kangar kurang lebih sekitar 40 km.

Kalau dari Jakarta akan lebih mudah mengambil flight langsung ke Penang. Jarak Penang-Kangar sedikit lebih jauh dari jarak Jakarta-Bandung melalui tol Purbaleunyi. Rutenya adalah Airport – Butterworth – Kangar. Untuk yang baru pertama kali datang, sangat disarankan menggunakan taksi dari Airport ke Butterworth dengan biaya sekitar RM 60. Dari Butterworth ambil bus yang menuju ke Kangar. Perjalanan sekitar 2,5 jam.

Hotel yang ada di Kangar tidaklah banyak. Yang paling besar adalah Hotel Putra Palace yang lokasinya ada tepat di tengah halaman pada tautan ini. Atau bisa juga menginap di Hotel Federal yang lebih dekat ke pusat kota (hanya terpisah 1km saja). Lokasinya ada di tengah halaman pada tautan ini. Namun saya sangat menyarankan agar menghubungi pihak UniMAP terlebih dahulu. Biasanya mereka bisa membantu menyiapkan akomodasi, bahkan menjemput di bandara. Mahasiswa-mahasiswa S1 asal Indonesia selama ini selalu dijemput oleh pihak UniMAP di bandara Alor Star pada awal kedatangan mereka di sini.

Saya sangat terbuka jika ingin berdiskusi lebih lanjut. Dipersilakan membalas email dari saya atau mengisi komentar di bawah atau berdiskusi lewat facebook. Di akun facebook saya ada nomer hp (yang mungkin sebentar lagi akan diganti).

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalam.

Fathi Nashrullah

Kategori:studi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

