Beranda > lain-lain > Kesimpulan Piala Dunia 2010

Kesimpulan Piala Dunia 2010


Kesimpulan yang berhasil saya dapatkan dalam Piala Dunia 2010 kali ini ada dua:

1. Dilaksanakan di Afrika Selatan. Afrika Selatan adalah nama negara, bukan nama kawasan seperti halnya Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Eropa Timur. Afrika Selatan berhasil menjadi negara yang plural tanpa apartheid setelah dipimpin oleh Nelson Mandela. Di bawah kepemimpinan Mandela negara ini menjuarai Piala Dunia Rugby pada tahun 1995 setelah keberhasilannya meyakinkan masyarakat kulit putih untuk bekerja sama membangun negaranya.

Kasus ini sangat berbeda dengan revolusi Indonesia tahun 1945. Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, orang-orang kulit putih secara serentak bermigrasi ke negara asalnya di Eropa sana. Yang kemudian tersisa di dalam negeri adalah rakyat pribumi yang masih bodoh, terbelakang, dan sekian abad diperbudak. Mungkin yang ada di benak Soekarno ketika itu adalah membangun negara Indonesia dari nol. Mendidik rakyat dari sangat bodoh, kemudian sedikit demi sedikit menjadi pintar. Ini bisa kita lihat dengan peningkatan standar pendidikan yang awalnya sangat rendah (hanya Sekolah Rakyat saja, setara dengan SD), kemudian ditingkatkan menjadi sekolah menengah, dst.

Mandela yang mempelajari sejarah Indonesia nampaknya tidak ingin mengulangi kesalahan Soekarno. Ketika dia berhasil naik menjadi presiden, salah satu hal yang pertama dilakukan adalah meyakinkan masyarakat kulit putih bahwa penghapusan apartheid tidak sama dengan membenci kulit putih. Sebaliknya, justru mengajak untuk saling menghilangkan kebencian, saling memaafkan, dan bekerja bersama-sama membangun negaranya.

Di bawah kepemimpinan Mandela, Afrika Selatan tidak memulai lagi dari awal sejarah bangsanya. Dia meneruskan prestasi-prestasi bagus yang dicapai orang-orang kulit putih pada masa apartheid, dan meneruskannya dalam suasana plural yang saling menghargai. Rugby di Afrika Selatan pada masa itu adalah olah raga favorit kulit putih. Sedangkan favorit kulit hitam adalah sepak bola. Tim Nasional Rugby (dengan hampir seluruhnya orang kulit putih) adalah salah satu tim rugby terbaik di dunia pada masanya. Dengan mensupport tim nasional rugby, Mandela seolah menyatakan bahwa dia benar-benar memaafkan kesalahan orang kulit putih selama ini dan dalam masa yang sama juga menunjukkan ketulusan ajakannya dalam membangun negara.

2. Jerman mainnya bagus, kata orang-orang di wall-nya.

Itu saja.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: