Beranda > teknologi, tips > Chrome OS Experience

Chrome OS Experience


Terobosan menarik Google adalah Chrome OS. Ini adalah operating system ringan yang diinstal pada hardware client. Dia nyaris tidak memiliki fitur apapun yang diinstal di hardware, tetapi semuanya diemulasikan langsung dari server.

Chrome OS dapat menjadi revolusi dalam pemakaian komputer. Kita sebagai pengguna hanya perlu membeli sebuah hardware dengan spesifikasi sederhana. Semua proses akan dijalankan di server sebagai pusat komputasi. Sistem seperti ini sekarang sedang trend dengan nama cloud computing atau komputasi awan.

Kelemahan OS ini adalah satu: menggantungkan kinerja pada koneksi jaringan. Jika kita tidak memiliki koneksi yang baik, maka hardware kita tidak berfungsi apa-apa. Tetapi jika kita memiliki infrastruktur internet yang sangat baik, maka cloud computing ini dapat menjadi sarana untuk efisiensi dalam berbagai hal. Kita tidak perlu lagi dibebani dengan biaya mahal hanya untuk membeli software, dan kita juga tidak lagi membutuhkan hardware dengan spesifikasi tinggi hanya untuk menjalankan komputasi rumit yang tidak selalu digunakan.

Jika anda ingin mencoba pengalaman menggunakan Chrome OS, anda dapat memulainya dengan menggunakan browser Chrome dari google dan mengganti semua aplikasi standar komputer dengan yang tersedia di internet. Ganti word processor anda dengan Google Docs atau Office Live, aplikasi yahoo messenger dengan messenger pada yahoo.com, putar video dan musik anda dengan youtube atau itunes, dsb.

Selamat mencoba.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: