Beranda > post > GC-MS

GC-MS


Pernah dengar alat bernama GC-MS? Singkatan dari Gas Chromatography – Mass Spectrometry. Dari singkatannya kita bisa memperkirakan apa fungsi alat ini dan bagaimana cara bekerjanya.

Kromatografi adalah teknik memisahkan unsur-unsur di dalam sebuah campuran. Kromatografi ini berdasarkan berat massa unsur pencampur tadi. Ingat percobaan liquid chromatography menggunakan kertas? Kira-kira seperti itu juga GC bekerja. Hanya saja kali ini tidak dalam fase liquid, tetapi dalam gas.

Spektrometri adalah pengukuran berdasarkan spektrumnya. Mass spectrometry melihat spektrum yang dikandung dalam suatu campuran. Dengan metode tertentu (misalnya teknik transformasi Fourier) kita akan dapat melihat macam-macam spektrum yang terkandung di dalam sebuah campuran. Dengan menganalisis spektrum tersebut, kita dapat mengetahui kandungan yang ada di dalam campuran tadi.

Kesimpulanya, GC-MS memanfaatkan kedua teknik tadi, kromatografi dan spektrometri mass dalam menganalisis suatu sample. Sejatinya kedua hal tadi terpisah, tetapi kemudian dikolaborasikan bersama. Mungkin dengan begitu akan mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Research group kami berencana membeli sebuah alat GC-MS. Beberapa menit lagi ada presentasi dari mereka. Supaya saya tidak memulainya dari nol, maka saya mencoba membuat tulisan ini.

Kategori:post
  1. April 27, 2010 pukul 10:00 pm

    mas bisa gak alat ini untuk mentukan atau mengidentifikasi komposisi fluida reservoir yang mengandung asphalt.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: