Beranda > dunia islam, internasional > Konflik Israel – Palestina bukan konflik Agama?

Konflik Israel – Palestina bukan konflik Agama?


Saya sering kesal kalau ada yang bilang konflik di Palestina yang berawal dari pendudukan Israel di tanah Palestina bukan masalah Agama.

Biasanya alasan yang digunakan begini: Penduduk Palestina itu, sepertiganya Muslim, sepertiganya Kristen, dan sepertiganya lagi Yahudi. Bagi saya, alasannya terlalu dangkal. Apakah perjuangan kemerdekaan Indonesia lebih dari 60 tahun yang lalu tidak bisa disebut perjuangan kaum Muslimin, hanya karena penduduk Indonesia tidak 100 persen muslim?

Saya mencium ada upaya pembusukan dari opini seperti ini. Ada upaya membawa wacana dukungan dari solidaritas ukhuwwah Islamiyah, menjadi sekedar solidaritas kemanusiaan belaka tanpa ada backing aqidah di sana.

Akibatnya jelas, jika solidaritas ukhuwwah tidak terjalin, maka Umat Islam secara alami akan tidak menempatkan kasus ini dalam prioritas utama Ummat. Efeknya, Doa massal dan masif dari kaum Muslimin tidak akan muncul. Padahal, sebenarnya doa inilah yang paling ditakuti oleh musuh-musuh Islam di mana pun mereka berada.

Al Haqq min Rabbik

[ingin membuat esai tentang ini, tapi belum sempat riset lebih jauh]

  1. Januari 1, 2009 pukul 2:42 am

    Doa tanpa usaha nyata apalah guna? Allah tidak akan merobah keadaan suatu kaum kecuali harus ada usaha yng nyata.

    Anda tahu kapan Zionis Israel itu muncul? Dengan membawa bendera dan ideologi apa? Dengan dukungan siapa?

    Memang benar, Zionis tidak mewakili Yahudi secara umum, namun kebencian mereka (Zionis) terhadap Islam/muslim itulah yang menyebabkan terbangkitnyalah solidaritas muslim sedunia. Buat warga non muslim, solidaritas dan jiwa kemanusiaan adalah penggerak untuk membantu mereka.

    Jadi apa yang terjadi di Palestina selain masalah agama (karena dari awal Zionis mengatasnamakan agama, walau ditentang oelh sebagian Yahudi), juga masalah kemanusiaan yang lintas agama. Tergantung kita melihat dari sudut mana…

  2. Ananto
    Januari 1, 2009 pukul 6:30 am

    Negara Israel terbentuk karena mengusir orang-orang Palestina dari kampung halaman dan tanah kelahirannya. Dengan disponsori Amerika Serikat, orang-orang Yahudi yang nenek moyangnya sudah ratusan tahun meninggalkan tanah Palestina kembali lagi. Seperti kata Gus Dur, mengusir orang dari rumah sendiri adalah kejahatan yang besar.

  3. Treante
    Januari 1, 2009 pukul 9:30 pm

    kenapa mereka tidak bisa hidup damai? Kenapa tak mau berbagi padahal Bumi ini begitu luasa bagi manusia? kenapa harus terjadi perang hanya untuk memperebutkan “sebidang” tanah???

  4. Januari 2, 2009 pukul 10:49 am

    Yang Jelas ini adalah takdir.. (lho?!)
    Salam kenal…đŸ˜‰

  5. arifrahmanlubis
    Januari 3, 2009 pukul 11:43 am

    asww

    akhi, pernyataan itu bisa jadi keluar karena obama dan media di barat mempropaganda bahwa ini adalah perang pembelaan diri. maka kita katakan, ini bukan perang pembelaan diri, ini perang perjuangan kemerdekaan.

    entahlah kalau ada niatan untuk mereduksi unsur tauhidnya.

    wallahualam.

  6. LESTE
    Januari 5, 2009 pukul 4:56 pm

    tanah israel adalah tanah perjanjian, perjanjian antara Allah dengan Bapak Abraham..
    OKI israel merebutnya kembali dari tangan PAlestina…
    Tapi ngomong” mending keduanya damai karena sebenarnya kita adalah satu dimata Tuhan..

  7. Januari 8, 2009 pukul 12:26 am

    @LESTE
    dalam aqidah Islam, israel atau yahudi dahulu adalah muslim. tetapi mereka ingkar terhadap ajarannya. jadi jika sekarang ada dua agama berbeda (Islam dan yahudi) maka dalam perspektif aqidah Islam, yahudi adalah sebuah kesalahan.

  8. ashlee
    Januari 8, 2009 pukul 2:52 pm

    saya setuju dengan leste,karena memang israel adalah umat pilihan Allah dan itu tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun apalagi oleh manusia dan buat fatih israel atau yahudi bukan muslim karena nama israel sendiri diberikan oleh Allah kepada Yakup waktu yakup berada di betel dan Tuhan tidak pernah menciptakan agama apapun tetapi manusia yang membuatnya sendiri.
    Dan tanah yang sekarang diperebutkan oleh israel dan palestina adalah tanah perjanjian Allah dengan Bangsa Israel sewaktu Musa membawa bangsa Israel keluar dari tanah mesir.
    Akhir kata,pada Akhirnya akan terbukti juga bahwa Allah yang kita sembah ialah Yesus Kristus

  9. Januari 8, 2009 pukul 3:55 pm

    wooohooo…
    blog saya kena invasi orang yahudi. baru tahu kalo ada yahudi di indonesia. habis, ngomentarinya pake bahasa IndonesiađŸ˜€

  10. aku
    Januari 12, 2009 pukul 5:26 pm

    bukankah para jihad akan langsung masuk surga saat terbunuh? Logikanya : para jihaderz seharusnya bersyukur dan berterima kasih pada israel karena membantu mereka cepat masuk surga.

  11. Januari 13, 2009 pukul 5:16 pm

    Masalah persengketaan tanah antara warga Muslim & Yahudi di Pelestin bermula pada saat Daulah Khilafah Usmaniyah di Turki mengalami kehancuran akibat propaganda kafir Barat.
    Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Teodhore Hertz dkk yang menghasut warga Yahudi agar menguasai tanah Palestin.
    Cara paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembalikan hak pengelolaan tanah tersebut kepada pemilik terakhir yang sah, yaitu Daulah Khilafah.
    Tanah Palestin adalah tanah wakaf yang diserahkan secara ikhlas dari pemilik sebelumnya kepada Khalifah Umar ra. & kemudian dibebaskan kembali dari tangan penjajah oleh Khalifah Muhammad al Fatih.
    Bisa saja saudara Muslim kita di Pelestin lari & mengungsi ke negara lain agar selamat, namun hal itu tidak mereka lakukan, karena mereka telah bersumpah untuk merelakan jiwa mereka guna melindungi tanah wakaf milik Daulah Khilafah, hingga Daulah Khilafah bangkit kembali.
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, relakah kalian berlama-lama membiarkan penderitaan saudara muslim kita di Palestin terus berlarut-larut?
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, marilah kita tegakkan Khilafah sekarang juga!
    Agar Saudara kita, baik umat Muslim maupun Yahudi, dapat kembali berdamai seperti sedia kala!
    Agar berbagai masalah yang melanda kita saat ini dapat teratasi!
    Dan yang terpenting, agar hukum Allah dapat ditegakkan kembali di muka bumi ini!

  12. fadli prima mpsa
    Januari 15, 2009 pukul 5:53 pm

    OOIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

    DEN PUNYO HONDA BARUUUUUUUUUU

    MOHON DOA RESTU

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: