Beranda > pribadi > Reviewing My Blog

Reviewing My Blog


Sebenarnya saya sudah cukup lama nge-blog. Dalam arsip blog ini, artikel pertama tercatat diposting bulan Agustus 2004. Dan itu berarti sudah lebih dari 4 tahun yang lalu. Menurut mas Enda dalam salah satu surveynya beberapa waktu yang lalu, seorang blogger yang sudah ngeblog lebih dari satu tahun sudah termasuk blogger senior. Kalau begitu, ternyata saya bisa dikategorikan sangat senior😀

Pada awalnya blog saya memang bukan ini. Sebelumnya saya menggunakan account di blogger dengan nickname standar saya: fathinashrullah. (hingga saat ini blognya milik saya, sedang direncanakan digunakan untuk hal-hal yang lebih formal) Kemudian ketika blogger dibeli oleh Google dan accountnya disesuaikan dengan account Google, saya mendapatkan beberapa kesulitan setiap kali hendak mengupdate atau sekedar memanage isi blog. Akhirnya saya mencoba layanan lain dan terpilihlah wordpress ini. Apalagi setelah saya menemukan fitur import data, segera saya import semua postingan dan komentar saya terdahulu di blog lama tadi. Jadilah, blog ini sebagai blog baru saya.

Aktivitas ngeblog bagi saya adalah sarana untuk berbagi dan menjalin silaturahmi. Berbagi ide, wacana, cerita, serta berhubungan dengan teman-teman lain di dunia maya. Ada teman yang memang sebelumnya sudah saya kenal, ada juga teman yang baru kenal di dunia blog kemudian berlanjut di dunia nyata. Sangat menyenangkan membaca cerita-cerita mereka di dunia baru yang mereka tempati. Ada yang bercerita tentang pekerjaannya, aktivitasnya sehari-hari, pemikirannya, dan lain-lain.

Adalah suatu hal yang sangat menantang ketika tulisan kita yang berisi pemikiran, pendapat akan suatu hal mendapatkan respon komentar dari teman-teman. Itu bisa memancing kita untuk semakin giat berfikir dan menuliskannya kembali. Begitulah memang cara kita berkembang. Bertindak-mendapatkan saran-perbaiki-mendapatkan respon lagi-kemudian menyempurnakan. Begitu seterusnya. Dengan blog, maka metode tersebut semakin mudah terpenuhi. Maka, semakin banyak juga bermunculan manusia-manusia kritis, karena mereka dilatih untuk berfikir sistematis dan terstruktur dalam format menulis.

Saya setuju dengan gagasan Anis Matta di blognya bahwa seorang pemimpin wajib memiliki dua softskill utama: menulis dan orasi. Keduanya pada hakikatnya serupa: metode untuk menyampaikan pendapat. Seorang pemimpin adalah seorang yang handal dalam berpikir dan bertindak cepat. Karenanya dia memiliki metode standar di dalam kepalanya dalam bertindak dan memutuskan suatu langkah. Ini harus dilatih dalam kehidupan sehari-hari. Menulis adalah salah satu cara melatihnya. Dengan menulis, alur pikiran kita akan lebih terstruktur dan sistematis. Dan dengan membiasakan menulis sebelum berbicara, maka alur pembicaraan kita juga akan sistematis.

Kembali lagi ke tujuan utama postingan ini: Reviewing My Blog.

Kategori tulisan terbanyak adalah tulisan lama. Tulisan-tulisan tersebut berasal dari blog saya terdahulu, yang memang belum cukup baik pengkategoriannya. Kategari terbanyak berikutnya adalah forum-2002. Aslinya ini adalah tulisan-tulisan saya di milis forum-2002 yang saya kelola. Beberapa kali menulis cukup panjang, dan pada suatu saat saya merasa alangkah lebih baik jika tulisan-tulisan tersebut saya posting saja di blog ini. Hitung-hitung bisa menjadi kenangan pribadi di saat tua nanti😀

Kategori berikutnya adalah Indonesia. Ini adalah pemikiran-pemikiran saya terkait negara ini. Ada yang berisi kritik, politik, dan lain sebagainya. Biasanya, kategori ini beririsan juga dengan kategori-kategori bandung, pemerintah, politik, dan beberapa lainnya, karena memang menurut saya ada hubungannya antar kategori tersebut.

Kalau menilik dari tanggal posting, kita bisa melihat sangat tidak frekuentif. Kadang sering, kadang jarang. Tapi memang saya mulai rajin posting adalah sejak awal tahun ini. Dulu, saya cenderung tidak suka jika blog saya dibaca orang lain, karena postingannya memang agak bersifat konsumsi sendiri. Karenanya belum ada postingan seputar pernikahan saya, misalnya.

Sebenarnya terlalu banyak hal yang ingin saya share dalam tulisan-tulisan saya. Tapi apalah daya, ternyata kecepatan menulis saya tidak secepat lintasan-lintasan ide dalam kepala saya. Barangkali memang perlu untuk memulai menginventarisasi berbagai macam ide yang berkelebatan di kepala. Ada ide bagaimana caranya?

Akhir kata, blog ini, sesuai tagnya: curahan ide curahan hati, memang bukanlah media jurnalisme. Ini hanyalah sebuah blog, yang menyampaikan ide dan hati penulisnya; saya. Jangan diambil hati jika ada yang menyinggung perasaan. Kalau ada yang mengganjal, sampaikan saja. Tak ada moderasi dalam berkomentar di sini (tapi teutuep, saya bisa ngehapus :p ). Tak perlu sungkan menegur. Jika ada yang benar, maka sesungguhnya itu dari Allah sahaja. Jika ada yang salah, maka sesungguhnya saya minta Allah segera menegur serta mengajari saya bagaimana sebenarnya kebenaran itu.

Kategori:pribadi
  1. gXp
    November 4, 2008 pukul 10:48 am

    Udah lama juga yah Fat ternyata ente nge-blog, keren tulisan2nya!🙂

  2. November 5, 2008 pukul 11:10 am

    mulainya sejak yang waktu kita masih di asrama dulu itu. lama pisan yak🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

