Beranda > indonesia, pemerintah, politik > Jalan Nasional Mulus di 2009 [kenapa nggak dari dulu??]

Jalan Nasional Mulus di 2009 [kenapa nggak dari dulu??]


Wahyu Daniel – detikFinance


Tol Cipularang (Foto: dok detikcom)

Jakarta – Pemerintah melalui departemen pekerjaan umum (PU) menargetkan seluruh jalan nasional tahun 2009 dalam kondisi mulus. Panjang jalan nasional juga akan ditambah.

“Departemen PU menargetkan seluruh jalan nasional tahun 2009 tidak ada dalam kondisi rusak berat,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Hal itu diungkapkan Menkeu yang juga merangkap Menko Perekonomian ini dalam sidang paripurna atas jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPR mengenai RAPBN 2009 di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (26/8/2008).

Menkeu memaparkan data panjang jalan nasional dalam kurun waktu 14 tahun terakhir telah mengalami peningkatan yang signifikan dari 17.800 kilometer pada tahun 1994 menjadi 34.628 kilometer pada tahun 2008.

Departemen PU, menurut Menkeu, menargetkan pada akhir 2009 panjang jalan nasional mencapai 86.510 kilometer atau bertambah 12.000 kilometer dibandingkan 2005.

Departemen PU juga terus berupaya agar kondisi jalan nasional sepanjang 34.628 kilometer itu dapat seluruhnya fungsional melalui kebijakan preservasi jalan.

“Persentase kondisi jalan nasional yang rusak berat makin berkurang yakni dari 11% dari panjang nasional tahun 2005 menjadi 8,54% pada tahun 2007,” ungkap Menkeu.

Menkeu juga menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan daya dukung infrastruktur jalan antara lain menangani kerusakan jalan akibat pemanfaatan dan bencana alam.

“Karena itu pada tahun 2009 departemen PU tetap memberikan alokasi yang terbesar untuk memperkuat daya dukung infrastruktur jalan dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” katanya.(ir/qom)

source: http://www.detikfinance.com/read/2008/08/26/150834/994899/4/jalan-nasional-mulus-di-2009

Ternyata semua incumbent sama saja ya. Nggak bupati, nggak walikota, nggak gubernur, nggak presiden, baru ngebenerin semuanya di akhir jabatan.

Prosedur basi buat ngawetin jabatan.

Kemaren pendidikan, sekarang jalan. Kayaknya awal tahun depan bakal nurunin gas sama bbm deh. Kenapa nggak dari dulu???

  1. Agustus 26, 2008 pukul 8:06 pm

    Mereka sudah biasa berjanji…lalu sudah biasa pula memungkiri…tidak percaya lagi deh….

  2. Agustus 27, 2008 pukul 10:10 am

    Buat bahan bualan jurkam di tahun depan mungkin😀

  3. Agustus 27, 2008 pukul 11:31 am

    makanya…gulirkan gerkan “tong pilih deui”

  4. Jo
    Agustus 27, 2008 pukul 1:51 pm

    untuk tol cipularang
    saya lebih memilih jalannya tetep sperti sekarang saja ^_^
    karena kesan pertama saya masuk tol ini
    – guncangan yang dasyat
    – belokannya
    – turunannya/tanjakannya
    semuanya membuat sy exciting (dan susah tidur tentunya – sebagai penumpang)

    dengan kondisi jalan kayak sekarang kecepatan bus ekonomi mungkin mencapai 130km/jam, kecepatan mobil mewah skitar 180 km/jam.
    nah klo jalannya mulus, apa ngga tambah ngeri tuh

    mana ada jalan tol yang memberikan sensasi off road seperti jalan tol yang satu ini ^_^

    ada usul nih:
    -gmn klo tol cipularang ini dijadikan track untuk balapan di suatu even balapan, nah nanti semua yang menuju jakarta ata menuju bandung harus lewat cikampek dulu.
    jadi ada 2 keuntungan:
    – pemasukan tuk pemerintah dari even ini
    – pemasukan untuk masyarakat di daerah cianjur/purwakarta atau jalur lainnya yang pernah ditinggalkan oleh para pengemudi karena ada tol cipularang.

  5. Agustus 27, 2008 pukul 4:12 pm

    salam kenal dari bandung
    Tuhan memberkati
    saya suka membaca artikel anda,artikel anda makin membuat saya terinspirasi berjuang agar kampung saya menjadi sebuah negara baru

    artikel terbaruku…………. andai aku jadi presiden
    http://esaifoto.wordpress.com

  6. Agustus 27, 2008 pukul 9:03 pm

    kenapa nggak dari dulu? karena dulu mereka enggak bisa, tapi sekarang bisa. sederhana khan…… ok lah, asal kita nggak kayak mereka, siapa tau bisa ngomong gini mungkin karena kita belum ngalamin aja, salah nggak kak?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: