Beranda > indonesia, politik > Debat Calon Walikota Bandung

Debat Calon Walikota Bandung


Tadi malam berlangsung debat seru antara para calon walikota dan wakil walikota Bandung. Acara ini disiarkan langsung dari Hotel Horison Bandung. Sebagai panelis dihadirkan tiga orang pakar, yaitu Rektor Unpad, Ganjar Kurnia, Rektor Unpar, Cecilia Lau dan Pengamat Politik, Ichsannudin Noorsy.

Pada tulisan ini, saya tidak berminat menceritakan isi dari debatnya. Soalnya, terlalu banyak yang bisa dijadikan bahan tulisan, sementara debatnya sendiri berlangsung semi spontan. Bukan berbentuk pemaparan data seperti halnya seminar atau simposium. Jadi, hal-hal yang disampaikan masih bersifat konsep umum normatif, yang masih perlu dipertajam kembali.

Debat calon walikota Bandung tadi malam adalah unik karena ini merupakan debat publik pertama yang menampilkan calon pemimpin daerah tingkat 2 yang disiarkan secara nasional. Padahal sebelumnya hanya calon pemimpin daerah tingkat satu saja yang disiarkan. Entah apa alasan TVONE yang memiliki tagline sebagai TV Pemilu ini, sehingga berani masuk ke pasar persaingan daerah tingkat 2. Seandainya setiap pilkada daerah tingkat 2 disiarkan, maka mungkin hampir tiap minggu ada beberapa kali siaran debat. Dan pada akhirnya mungkin itu akan menjadi hal yang membosankan.

Hal unik lain menurut saya adalah pilkada kali ini merupakan salah satu pilkada yang diikuti oleh calon PKS murni, tanpa koalisi dengan pihak lain. Saya membaca ada agenda tersembunyi di balik penyiaran debat ini secara nasional. Sudah jamak diketahui kemana arah kecenderungan TV-TV nasional saat ini. Begitu juga TVONE yang jika kita jeli justru lebih dekat kepada partai-partai Islam, walaupun saya tidak bisa memastikan partai yang mana. Karenanya bisa dimaklumi bagaimana panik serta kebakaran jenggot pihak Metro TV ketika tahu bahwa justru TVONE lah yang menjadi mitra resmi KPU sebagai media massa untuk pemilihan umum tahun 2009 mendatang.

Mari kita doakan, semoga pada saat pemilihan nanti, tanggal 10 Agustus 2008, segalanya berlangsung lancar, aman, tertib, dan damai. Kita doakan juga agar setiap calon bisa menahan diri dari berbuat curang dengan melakukan money politic, juga dari perbuatan curang lainnya. Sehingga kita bisa mendapatkan keberkahan dari pemimpin baru yang nanti akan terpilih. Amiiiiin…

Kategori:indonesia, politik
  1. infogue
    Agustus 7, 2008 pukul 1:45 pm

    artikel anda :

    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/debat_calon_walikota_bandung

    promosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

  2. catatanhadi
    Agustus 7, 2008 pukul 2:14 pm

    Yup, saya fikir kampanye dalam bentuk debat terbuka sudah merupakan keharusan dalam pemilihan2 kepala negara, daerah dll. Lumayan bisa mencerdaskan para calon pemimpin dan masyarakat yang mau di pimpin..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: