Beranda > politik > Pilkada Bandung (hingga 18 Juni 2008)

Pilkada Bandung (hingga 18 Juni 2008)


Apakah anda mencermati perkembangan pilkada kota Bandung saat ini? Yang jelas semakin menarik. Calon yang sudah memastikan akan maju sudah ada dua orang, kang Dada dan kang Taufik. Keduanya sudah meluncurkan websitenya masing-masing. Yang pertama ada di www.dadakudadamu.com dan yang kedua ada di www.taufikurahman.com atau www.taufikurrahman.com.

Saat ini, kang Dada sudah didukung oleh dua partai besar, Golkar dan PDIP, yang kursinya di DPRD Kota Bandung berjumlah 16 kursi, sedangkan kang Taufik yang calon dari PKS memiliki 11 kursi. Di sisi lain ada juga koalisi empat partai yang menamakan diri Poros Tengah. Koalisi ini terdiri dari PBB, PD, PAN, dan PPP. Total suara mereka di DPRD kota Bandung adalah 18 kursi. Benar-benar cukup signifikan. Tetapi sejak awal poros tengah ini tidak mengincar jabatan walikota, melainkan hanya wakil walikota saja, terutama ketika melobi kang Dada.

Di samping calon-calon dari partai, sempat mengemuka wacana calon independen. Calon ini dimungkinkan dengan mendapatkan sekian dukungan (lupa jumlahnya) dari warga Bandung. Namun dalam perkembangannya, ternyata tidak satupun calon independen yang benar-benar muncul ke permukaan.

Kabar terbaru yang dimuat di detikbandung memperjelas posisi poros tengah saat ini. Apakah itu? Ya benar, pecah! Setidaknya hampir pecah. Kenapa? Karena PBB dan PD sudah memastikan dukungannya pada kang Dada. Dengar-dengar, ada ketua DPD PAN juga dalam peresmian pasangan Dada-Ayi hari ini. Yang jelas, total dukungan untuk Dada-Ayi saat ini sudah 21 kursi.

Menurut kabar yang lain, saat ini PAN sedang merapat dengan intensif ke PKS. Katanya sudah mengerucut ke dua nama yang akan diajukan sebagai calon wakil walikota mendampingi kang Taufik. Kita lihat saja perkembangannya. Apakah koalisi PAN-PKS seperti pilgub kemarin akan tercipta kembali ataukah tidak.

Dalam pandangan saya, banyak keuntungan jika PAN-PKS kembali berkoalisi, terutama di Bandung. Mengapa? Karena kedua partai memiliki banyak sekali persamaan. Seharusnya, jika koalisi ini terbentuk, maka akan menghasilkan kekuatan unik yang akan kembali terlihat seperti pilgub kemarin. Modal besar Salman dan ITB seharusnya bisa bangkit dan bergerak bersama-sama. Kang Taufik saat ini adalah ketua keluarga alumni Salman cabang Bandung, yang juga mantan dosen ITB (baru saja mengundurkan diri). Sedangkan PAN banyak diisi oleh kader-kader Salman juga. Bahkan ketua keluarga alumni Salman pusat adalah anggota DPR RI dari PAN (bang Ichwan).

Kita lihat saja, mudah-mudahan yang terbaik yang akan terpilih sebagai pengurus kota Bandung berikutnya. Saya pribadi tak akan mau mencoblos, walaupun didorong-dorong dan disuruh-suruh oleh semua orang. Kenapa? Ya, benar. Karena saya berKTP Cimahi. (hehe…)

Kategori:politik
  1. Juni 19, 2008 pukul 10:33 am

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/pilkada_bandung_hingga_18_juni_2008_

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  2. big
    Juli 13, 2008 pukul 10:15 pm

    Harus disadari oleh ‘dada bahwa sebenarnya anda ‘dada rosada berada di bawah ketiak ‘edi sis…
    kroni ‘edi sis nyata2 merusak dan mencemari reputasi anda ‘dada rosada….
    jangan tutup mata dan pura2 ga tau atuh…. atau emang takut… atau emang mata hati sudah dibutakan untuk menanti ‘karma ????????

  3. Juli 15, 2008 pukul 10:27 am

    wah, “edi sis” siapa ya?

    boleh dong, bagi-bagi informasinya..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: