Beranda > biznis > Catatan Dari Pameran Dot System

Catatan Dari Pameran Dot System


2-5 April 2008
Dirgantara Indonesia Fair Ground

Alhamdulillah, keikutsertaan Dot System dalam pameran Bandung Inter TEX 2008 telah berjalan dengan baik. Keikutsertaan ini merupakan suatu hal yang istimewa, karena status pameran tersebut adalah pameran Internasional yang karenanya banyak peserta dari mancanegara mengisi booth-booth pameran.

Selain itu hal istimewa lainnya adalah karena Dot System nyaris satu-satunya perusahaan lokal dengan produk lokal. Padahal peserta pameran lainnya hampir seluruhnya asing, atau setidaknya perusahaan lokal yang menjual produk luar negeri. Karenanya, ini patut diapresiasi dan perlu dilanjutkan dua tahun yang akan datang.

Produk utama yang kami tampilkan adalah DOT PM, yaitu sebuah terminal yang digunakan untuk mempersingkat proses monitoring produksi. Tentunya produksi yang dimaksud adalah produksi pada industri tekstil, walaupun sebenarnya produk kami ini customizable untuk berbagai produksi lainnya. Bahkan bisa juga digunakan untuk selain proses produksi, karena pada dasarnya produk ini adalah produk yang sangat bisa dikembangkan untuk berbagai keperluan lainnya.

Selain DOT PM, ada juga SIS dan E-Learning. SIS adalah produk yang sudah diaplikasikan di PT. Sipatex Putri Lestari, Majalaya, yang juga bergerak dalam industri tekstil. Saya tidak bisa berbicara banyak tentang kedua produk ini karena saya tidak memahaminya.

Produk lain yang direncanakan untuk bisa dipamerkan gagal saya selesaikan pada waktunya. Padahal jika berhasil on-time, potensi pasar yang bisa diraih cukup besar, mengingat skala pameran ini yang menginternasional.

Selama pameran, banyak pihak dari kalangan industri yang menunjukkan ketertarikannya pada produk kami ini. Hal tersebut terlihat dari antusiasme mereka ketika kami mendemokan beberapa aplikasi yang sudah pernah kami develop untuk beberapa perusahaan. Antusiasme tersebut kemudian berlanjut dengan saling menukar kartu nama dan tawaran untuk proses lebih lanjut. Dari diskusi dengan para pengunjung, kami mendapatkan tambahan ide tentang diferensiasi produk yang memungkinkan untuk dikembangkan, walaupun belum tentu akan diwujudkan dalam waktu dekat. Setidaknya ini menambah list ide calon produk dalam perusahaan kami.

Sampai sini, banyak hal yang harus di-follow-up-i. Terutama terkait dengan kemungkinan implementasi DOT PM pada perusahaan mereka. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa produk ini dapat mengoptimasi proses pencatatan dalam kegiatan produksi mereka, sekaligus juga mengurangi tingkat kesalahan yang terjadi dalam pencatatan manual, seperti yang selama ini dilakukan.

Dalam persiapannya, Dot System kurang rapi dan teratur dalam menentukan pembagian kerja dan penentuan perlengkapan yang akan dipamerkan. Sejak beberapa bulan sebelumnya, sebenarnya telah dikabarkan pada saya bahwa kami akan mengikuti pameran tersebut. Juga, sudah dideskripsikan pameran macam apa yang akan berlangsung. Tetapi sepertinya informasi yang saya dapatkan kurang lengkap tentang materi apa saja yang dipamerkan. Untuk itu hal ini menjadi catatan penting bagi Dot System dalam mengikuti kegiatan sejenis lainnya.

Persiapan minimal yang dibutuhkan dalam keikutsertaan semacam ini adalah pembuatan konsep pameran serta pengarahan dan koordinasi terpadu antar pengelola pameran. Yang pertama sudah dilakukan. Pembuatan konsep tidak perlu dilakukan secara bersama-sama, walaupun masukan bisa dari mana saja. Tetapi tanpa koordinasi para pengelolanya, yang terjadi adalah ketidaktahuan peran dan posisi, kekurangan materi pameran, ketidaksiapan perlengkapan pendukung, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi perbaikan bagi Dot System ke depannya.

Selamat bekerja keras!

Kategori:biznis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: