Beranda > forum-2002 > Untuk Para Pecinta Firefox: Tips Menghemat Memory

Untuk Para Pecinta Firefox: Tips Menghemat Memory


Sebenarnya tips untuk meminimasi penggunaan memori oleh Firefox ini sudah ada cukup lama. Tapi baru kali ini saya benar-benar mencobanya. Dan ternyata efeknya cukup mengagumkan. Kebiasaan saya ketika browsing adalah membuka tab hingga lebih dari 10 buah. Efeknya cukup jelas: memperlambat kinerja komputer yang saya gunakan, yang hanya bermemori setengah giga saja.

Sebelum settingan Firefox di komputer saya ubah, penggunaan memori yang terlihat di task manager mencapai 108.800 KB. Sedangkan memori yang ada hanya 512.000 KB. Padahal ada lusinan program lainnya yang pada saat bersamaan juga saya buka. Jelas saja komputer saya menjadi sangat lambat. Setelah setting saya ubah, penggunaan memori turun menjadi hanya 37.940KB saja. Kurang dari sepertiga penggunaan awal. Subhanallah.

Tentunya jika semua tips ini diadopsi, akan menurunkan fitur Firefox itu sendiri, misalnya menjadi tidak bisa membuka halaman-halaman berbasis flash. Atau add-ons terbatas (karena memang sengaja dibatasi). Saran saya, gunakan saja beberapa tips yang memang tidak kita butuhkan, dan tinggalkan yang sebenarnya masih kita butuhkan.

Silakan dinikmati.

tips-menghemat-memori-firefox-hingga-3x-lipat

Kategori:forum-2002
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

