Beranda > forum-2002 > Evolusi tahap berikutnya kah?

Evolusi tahap berikutnya kah?


Bagi saya berita ini sangat menarik.Sabtu , 13/01/2007 11:40 WIB
Berbahaya! Virus Organis Serang Windows Vista
Lathiefa Nur Ilma – detikInet
<!––>

Closeup Vista Dysentery.Net-Worm (avantnews.com)

Jakarta, Ancaman baru yang berbahaya datang menyerang sistem operasi terbaru Microsoft, Windows Vista. Sebuah perusahaan keamanan mengatakan antisipasi terbesar dari Vista siap diserang masalah besar soal bug. Sementara peluncuran Vista terancam tertunda yang akhirnya akan berimbas pada industri komputer.

Sebuah virus diketahui mulai ‘menggerogoti’ komputer yang memakai Vista. Adalah “Vista Dysentry.Net-Worm”, dipercaya merupakan virus komputer yang murni organis dan berasal dari alam sehingga dipastikan tidak mungkin bisa dibasmi oleh antivirus yang biasa kita digunakan.

Sampai saat ini, Microsoft dan perusahaan antivirus sedang bertarung mengembangkan perlindungan terhadap virus tersebut. Microsoft juga menyarankan agar para pelanggan Vista-nya mematikan komputer dulu.

Darryl Sickle, spesialis keamanan dari McAfee, menyatakan bahwa virus ini merupakan lompatan kuantum dalam perkembangan virus komputer dan kemungkinan menjadi ancaman paling berbahaya yang pernah ditemui.

Amuba

Menurut Sickel dan beberapa orang lain yang telah mempelajari virus ini, “Vista Dysentery.Net-Worm” beraksi sebagaimana halnya Entamoeba histolytica yang menyebabkan penyakit disentri pada manusia. “Sepertinya virus ini mengalami kesalahan karakter. Virus ini lebih seperti infeksi bakteri pada komputer,” ujar Sickle.

Menurut penelitian Early Warning Antivirus Center di Bolton, Wyoming, “Vista Dysentery.Net-Worm” disebabkan oleh semacam amuba yang dapat menularkan dirinya ke fiber optik dan kabel jaringan dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.

Virus ini diyakini telah mengalami pembangunan genetis yang membawa mekanisme sensor luar biasa dalam DNA-nya, yang mampu menunjukkan dengan tepat lokasi target komputer yang memakai Windows Vista melalui resonansi magnetis dari tumpukan (stack) hard drive.

Virus ini, seperti dilansir Avant News dan dikutip detikINET, Sabtu (13/1/2007), tidak tergantung pada hidup tidaknya komputer, sehingga sekalipun komputer tersebut mati, virus ini tetap dapat menyebar.

Syarat menyebarnya virus ini adalah komputer tersebut harus ter-install dengan Vista dan terhubung secara fisik dengan Internet maupun Local Area Network (LAN) yang telah terinfeksi. Sejauh ini, virus ini diyakini tidak dapat menyebar melalui jaringan nirkabel.

Ketika mencapai komputer host yang sesuai, “Vista Dysentery.Net-Worm” memulai replikasinya dengan kecepatan 1 microsecond per anakan. Dalam beberapa menit, jutaan anak baru akan teraktivasi sebagai virus dan terkirim melalui jaringan broadband yang sama dan siap ‘menyantap’ target lain dengan sistem operasi Vista yang ‘berlubang’.

Subset dari amuba “Vista Dysentery.Net-Worm” ini masih ada dalam komputer host dan dengan cepat akan ‘memakan’ hard drive, flash dan memori USB, RAM dan komponen sensitif internal lainnya.

Sungguh mengerikan! Mereka (virus-red) juga meninggalkan kotoran berwarna abu-abu yang lengket pada komputer korban. Menurut Sickle, kebanyakan pemakai tidak menyadari komputer mereka terinfeksi hingga saat mereka sadar komputer mereka telah digenangi kotoran itu.

Beberapa pengguna komputer ada yang meyakini bahwa aspirin dan Vicks Vapo-Rub yang dilumurkan ke seluruh permukaan komputer dapat mencegah infeksi virus ini. Di lain sisi Sickle berpendapat hal tersebut kurang efektif.

Sementara antivirus langka ini sedang dikembangkan, Sickle merekomendasikan agar seluruh pengguna Windows Vista mematikan komputer mereka dan secara fisik mengisolasinya. Lebih baik lagi, jika suhu memungkinkan, komputer tersebut dikubur dalam salju setinggi 3 kaki.

“Menurut kami, suhu dingin akan memperlambat kecepatan replikasi virus ini tapi itu hanya sementara. Jika komputer Anda terinfeksi, satu-satunya harapan adalah mengamankan backup data Anda, karena apapun yang ada dalam komputer akan menjadi sesuatu yang pekat dan lengket hanya dalam beberapa jam saja,” ujar Sickle.(dwn/dwn)

Kategori:forum-2002
  1. Juli 17, 2008 pukul 8:07 am
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: