Beranda > forum-2002 > OSKM2006 dan masalah-masalahnya

OSKM2006 dan masalah-masalahnya


Saya mencoba menjelaskan banyak hal yang menjadi perbincangan di sini.

Sebelumnya perkenalkan, nama saya Fathi Nashrullah (Fisika2002). Manajer Sumber Daya Kabinet, Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2006 – 2007.

Sebenarnya yang lebih berhak menjelaskan masalah OSKM adalah saudara saya Adi Rahadian (MS’03) sebagai Manajer Sumber Daya Mahasiswa. Tetapi yang bersangkutan nampaknya tidak sempat karena kesibukan dan keterbatasannya.

Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB periode 2006 – 2007 disahkan baru pada tanggal 4 Mei karena Kongres membutuhkan waktu untuk menyelesaikan GBHP. Tetapi penyusunan struktur kabinet telah dilaksanakan sebelumnya, sehingga pada tanggal 4 mei tersebut struktur kabinet beserta jajarannya dapat disahkan.

Penyusunan proker dikebut dalam beberapa hari saja, mengingat jadwal pada kalender akademik menunjukkan tidak lama lagi UAS. Pada tanggal 7 mei diadakan musyawarah kerja dan baru diselesaikan satu minggu berikutnya.

Kaderisasi mahasiswa baru tetap berada di deretan deskripsi kerja bidang PSDM. Kali ini, struktur kabinet mengalami sedikit perampingan dalam masalah per-SDM-an. Pada kabinetnya Anam, per-SDM-an ada dua bidang, yang satu departemen PSDM, yang lain manajemen SDM. Yang pertama mengurusi seluruh mahasiswa ITB, yang kedua khusus mengurus masalah SDM kabinet. Pada kabinet sekarang keduanya disatukan, sehingga deskripsi bidang ini semakin banyak.

Dalam diskusi-diskusi internal, kami menyimpulkan bahwa kaderisasi bagi mahasiswa baru itu perlu dan harus. Penurunan nilai-nilai positif dan budaya baik itu harus dilakukan. Pembentukan karakter itu harus diusahakan. Tetapi kami belum sampai pada kesimpulan bahwa bentuknya harus OSKM. Tetapi kami berpendapat bahwa kegiatan itu harus melibatkan seluruh elemen kampus, terorganisir, dan kontinu dalam waktu yang cukup lama agar benar-benar bisa membangun karakter.

Kemudian kami mendapatkan fakta bahwa pelaksanaan kaderisasi mahasiswa baru tidak semudah dua-tiga tahun yang lalu dalam masalah perizinan ke rektorat. Bahkan kami mendapatkan fakta bahwa ada pihak di luar kabinet keluarga mahasiswa yang sedang merumuskan konsep kaderisasi bagi mahasiswa baru.

Pertama adalah IOM-ITB. Mereka merumuskan konsep OSKM dengan sangat baik. Dimulai dengan pengambilan data melalui kuesioner dan wawancara ke beberapa pihak seperti mahasiswa, dosen, dan pihak rektorat, kemudian dilanjutkan dengan analisis data dan kebutuhan masa kini, serta realitas yang terjadi. Kemudian mereka merumuskan konsep kaderisasinya dengan nama “Orientasi Studi, Sains dan Teknologi”. Semuanya sudah diturunkan pada dasar pemikiran, program statement, tujuan, manfaat, aktivitas, tema dan skenario, skema pembelajaran, metode, hingga timeline kegiatan. Bahkan silabusnya pun telah jadi. Kekurangannya hanya satu: belum diturunkan pada tataran teknis. Tapi secara keseluruhan sudah sempurna dan utuh.

Kedua adalah WRM. Perlu dipahami bahwa saat ini LPKM sudah berganti nama menjadi kantor WRM (Wakil Rektor bid. Kemahasiswaan). Ini diutarakan langsung oleh pak Widyo sebagai WRM. Berawal ketika beliau bertemu dengan pangdam, kemudian beliau berbicara tentang perlunya kaderisasi mahasiswa. Seketika pangdam mengamini dan menawarkan bantuan untuk merancang sistem kaderisasi tersebut. Saat ini proses perancangannya sudah mulai terlihat. Mereka mencoba membuat prototipenye terlebih dahulu, kemudian dievaluasi. Jika sukses maka akan dibuat dalam skala besar. Prototipe yang dimaksud adalah Pelatihan Kepemimpinan Angkatan Pertama dengan peserta 150 orang yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juni besok.

Dengan begitu, sedikitnya ada tiga pihak yang berkepentingan dalam kaderisasi mahasiswa baru ini.

Dari sini kami melihat ada tiga opsi dalam pelaksanaan kaderisasi mahasiswa baru 2006 nanti.
Pertama: KM-ITB menjadi organizer bagi acara kaderisasi yang dikonsep bukan oleh KM-ITB.
Kedua: KM-ITB bermitra dengan WRM (serta IOM) dalam menyusun dan melaksanakan kaderisasi.
Ketiga: KM-ITB menjadi rival WRM dalam melaksanakan kaderisasi bagi mahasiswa baru.

Ketiga opsi tadi memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing. Kami tidak bisa memilih salah satu opsi begitu saja. Di sisi lain, kami dikejar waktu karena masa UAS akan segera datang. Biasanya, setelah masa UAS berlalu, mahasiswa cenderung untuk liburan atau mempersiapkan semester pendek yang tahun ini kembali dibuka.

Oleh karenanya kami memutuskan untuk tidak memperpanjang pembahasan materi terlebih dahulu. Tetapi kami tetap berpendapat bahwa kaderisasi awal mahasiswa baru itu perlu. Kemudian kami mengambil langkah untuk membuat suatu kepanitiaan penyambutan mahasiswa baru. Pada awalnya judul kepanitaan tersebut adalah MPMB alias Masa Penyambutan Mahasiswa Baru. Diberi judul begitu karena kami belum memutuskan untuk tetap mengadakan OSKM. Tetapi kemudian nama tersebut dikembalikan ke OSKM karena sangat tidak familiar bagi masyarakat kampus.

Sambil membentuk kepanitiaan ‘OSKM’ tersebut, kami mengadakan kunjungan penarikan aspirasi ke himpunan-himpunan. Perlu difahami, ini bukan roadshow, karena kami belum memiliki grand design ‘OSKM’ yang utuh. Baru bersifat arahan umum.

Rencananya, setelah kepanitiaan ‘OSKM’ tersebut dibentuk, baru kemudian kita bahas tentang perlu-tidaknya OSKM (tanpa tanda kutip). Kalau memang perlu, seperti apa konsepnya. Bagaimana follow upnya. Hubungannya dengan rektorat seperti apa. Dengan seperti itu juga kita bisa lebih mudah bergerak menyosialisasikan ke massa kampus. Perlu difahami bahwa ketika langkah ini disusun, staf bidang PSDM masih berjumlah kurang dari sepuluh orang.

Kurang lebih seperti itu langkah yang kami susun. Pada awalnya pendaftaran calon ketua OSKM dijadwalkan tanggal 15 – 19 Mei 2006. Karena beberapa hal kemudian diperpanjang hingga 26 Mei 2006.

Hingga saat ini yang saya tahu sudah mengambil formulir pendaftaran ada 4 orang:
1. Zamzam Badru Zaman (10203001)
2. Agus Saputra (15004071)
3. Abas Joni Wibowo (13104054)
4. Hendri Sabeth (15504042)
Saya belum mendapatkan kabar siapa yang telah mengembalkan formulir. Sebagai catatan, saat ini tingkat 2 dipersilakan untuk mendaftarkan diri sebagai ketua panitia OSKM.

Kategori:forum-2002
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: