Beranda > angkasa, dunia islam, internasional, militer > Shafaq – Jet Tempur Generasi Ketiga Iran

Shafaq – Jet Tempur Generasi Ketiga Iran


Anda tahu gambar di atas? Ya anda benar, sesuai dengan judul tulisan ini, pesawat tersebut adalah pesawat jet tempur generasi ketiga yang dikembangkan Iran. Dengan nama Shafaq, yang berarti “sebelum fajar”, nampaknya Iran ingin segera mewujudkan supremasinya di dunia dirgantara, lebih khusus lagi penguasaan wilayah angkasanya. Dengan masuknya jet subsonik ini, maka Iran akan segera menggenapkan kekuatan udaranya dengan kekuatan yang tidak bisa dihancurkan dengan embargo, karena pesawat ini Iran made.

Tak jelas mengapa jet ini masuk dalam kategori subsonik, padahal dia mengusung mesin Klimov RD-33 yang biasa digunakan oleh MIG-29. Sedangkan MIG-29 sendiri mampu mencapai kecepatan tertingginya pada angka 2,4 Mach. Barangkali memang ada tujuan penempatan tertentu dalam jajaran kekuatan, agar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Pada awalnya, jet ini merupakan proyek yang dikerjakan bersama-sama dengan Rusia dengan nama Integral. Belakangan Rusia hengkang dan proyek ini dan diganti namanya dengan Shafaq. Pesawat yang di Iran proyeknya dilaksanakan oleh Malek Ashtar University of Technology ini dikembangkan dari basis jet Rusia Yak-130 dengan material yang mampu menyerap radar. Dapat dipastikan bahwa nantinya pesawat ini mampu menghindari pantauan radar dengan spesifikasi tertentu.

Saat ini dikembangkan tiga buah prototip dengan konfigurasi satu buah single-seat dengan versi trainer atau serang ringan dan dua buah double-seat dengan versi fighter bomber. Pesawat ini menggunakan kursi lontar buatan Rusia yang hampir digunakan untuk F-22 Raptor dan MFD berwarna untuk cockpitnya.

Pertanyaannya: kapankah Indonesia mampu mulai mengembangkan peralatan perang semacam ini?

link wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/IAMI_Shafaq

link video: http://www.youtube.com/watch?v=TkwLw9lqzXY

About these ads
  1. godman
    September 1, 2008 pukul 1:42 pm | #1

    1. Imam Ja’far Shadiq: “Hati kalian diharamkan dari merasakan kelezatan iman iman sebelum kalian melepaskan kecintaan kepada dunia.” (al-Kafi 2: 128 ) (30-7-2008 ; 09:30:14)
    2. Imam Ja’far as: “Rindukanlah tiga orang manusia: pasangan (suami atau istri) yang setia, anak yang berbakti, dan sahabat yang tulus.” (Bihar al-Anwar 78: 357) (1-8-2008 ; 09:31:59)
    3. Imam Ali as: Ada dua keistimewaan manusia: akal dan bicara. Dengan akalnya, ia memperoleh manfaat. Dengan bicaranya, ia memberi manfaat. (Ghurar al-Hikam) (4-8-2008 ; 09:30:08

  1. Januari 17, 2011 pukul 1:45 pm | #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.883 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: